Bedah Akal

Proteksi atas serangan balik akan diberikan oleh gelandang bertahan yang diharuskan siap menutup posisi kedua fullback, tergantung di flank mana serangan balik ada. Bisa kita lihat disini jika ada satu pula tugas untuk gelandang tetap, padahal di fase sebelumnya dia juga harus menginisiasi build up serangan dengan turun untuk memperlebar region sirkulasi bola.

Gelandang bertahan mendukung fase membangun serangan dan ditugaskan seperti papan pantul untuk pergi dari dari pressing lawan sekaligus mengalirkan bola ke wilayah di mana penjagaan lawan sangat minim. Kalau akses tersebut tidak memadai / tidak ada sama 1x, bola dapat disirkulasi ke salah satu sisi lapangan untuk kemudian diprogres ke target awal tadi akibat bek sayap. Dengan berhasil mengakses nomor 10, target awal dalam fase membangun serangan telah berhasil dicapai.

Ada juga variasi yg membuat winger statis dalam posisinya, dengan tetap melebar lalu mengintip peluang bola diumpan ke belakang bek lawan. Jika dilakukan dengan baik, posisi ini akan menyediakan mimpi buruk bagi player bertahan lawan, membuat mereka sibuk dan tertekan di dalam permainan.

Apabila musuh memakai empat pemain di belakang, maka hanya 6 yang akan melakukan high pressing. Sedangkan tim kita akan memiliki tujuh player di fase build up jika memutuskan membuat tiga penyerang tetap statis di depan untuk menahan backline musuh. Kiper akan tetap menjadi pemain ekstra di secuencia ini, sehingga akan nyata situasi 8 vs 6th di area sendiri. Ada pelatih yang memakai mereka untuk mendukung fase develop up dengan ikut turun dan terkadang berotasi melalui fullback. Aksi ini dimaksudkan agar winger menjadi pemain ekstra yang tidak terjaga apabila bek lawan yg mengawalnya enggan keluar posisi.

2. Ketika harry kita kehilangan bola, hingga tim kita harus beralih dari ’menyerang’ menuju ’bertahan’. Secara umum, jika harry kita bertahan maka hendaknya posisi para pemain saling berdekatan satu sama lain untuk membentuk pertahanan dalam masif. Adapun jika harry kita menyerang maka harusnya posisi para pemain saling berjauhan untuk menciptakan ruang-ruang yang lebar dan tuk menceraiberaikan pertahanan lawan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *